Traveling History ke Situs Gunung Padang, Cianjur

Standard

Dua minggu lalu bersama teman-teman TDA Jakarta Timur, daku berkesempatan mengunjungi Situs Gunung Padang, di Cianjur, Jawa Barat, yang diyakini oleh para arkeolog sebagai situs prasejarah peninggalan kebudayaan megalitikum yang umurnya lebih tua dari Piramida di Mesir.

Sebagai orang awam, diriku tak banyak mengerti soal struktur bebatuan di Gunung Padang yang kata para ahli terdiri dari 3 lapisan, dan dari lapisan ke-3 diperkirakan umur situs tersebut 10.000-20.000 tahun sebelum Masehi. Wow banget yaaa… ga nyangka kalau peradaban kuno Indonesia bisa setua itu, apakah artinya? Ga ngerti juga hahaha

Yang pasti perjalanan ke sana sangatlah menyenangkan walaupun sesak di dalam mobil xixi Oh iya, kita berenam aslinya, pak Rozak, mas Agus Susilo, mbak Hany dan daku, plus 2 orang team-nya pak Rozak. Berikut supir dan tour guide, jadi penuh sesak deh si avanza. Biayanya murmer lho, Rp 180.000 sudah beserta lunch dan tiket masuk ke lokasi.

Tikum (titik kumpul) disepakati di McDonald Buaran jam 07.00 pagi. Daku memanfaatkan promo Gojek sebesar Rp 15.000 hingga maksimal 25 km. Jarak Islamic Center ke McD Buaran sekitar 13 km jadi masih masuk range promo Gojek. Mayan khan, ga capek bawa motor xixi

Singkat cerita, walaupun agak telat berangkatnya karena menunggu mobil beserta tour guide yang agak kesiangan sampai, oh iya karena macetnya jalur ke Puncak akhirnya kita memutuskan untuk lewat Sukabumi, lebih jauh tapi gak begitu macet – sekitar jam 1-an kita tiba di Cianjur dan sekitar 7 km lagi ke lokasi. Karena sudah waktunya makan siang jadi kami break dulu untuk lunch, di pinggiran sawah gitu, asyikkk ya hehe dan teman-teman yang lainnya menjalankan sholat zuhur.

gn padang photoslide1

Setelahnya perjalanan pun dilanjutkan kembali. Oh iya, jalan yang kami lewati sempit, tak bisa dilewati bis besar, tak ada tukang ojek ngetem eh tapi truk bisa lewat sih seperti di foto ini, kebetulan aku foto saat anak sekolah ber-BM-ria, ada ceweknya pula memakai rok kebayang ya gimana naik itu truknya xixi mungkin lama nunggu angkot, atau angkot tak melewati tujuan mereka, atau mau cari gratis namanya juga anak sekolah ya hahaha

gn padang anak sekolah bm

Tak sampai 1 jam kami tiba di Stasiun Lampegan, yang konon kata mbak Hany terowongannya berbau-bau mistis, tapi toh tetap aja kita berani bernarsis ria di depan terowongan tersebut. Stasiun Lampegan adalah jalur KA dari Jakarta-Sukabumi. Jadi bila ingin ke situs Gunung Padang dan memilih naik KA, bisa turun di Stasiun Lampegan, karena dari sana sudah tidak begitu jauh ke situs Gunung Padang, gak sampai 1 jam.

gn padang 6

Berfoto selfie dulu di depan terowongan Stasiun Lampegan hehe

Setelah puas berfoto-foto di depan terowongan yang dibangun tahun 1879 tersebut kami pun melanjutkan perjalanan. Tak lama kami pun sampai di lokasi. Ah lupa difoto tapi di situ banyak tukang ojek yang ngetem dan menawarkan untuk tidak usah capek-capek berjalan menanjak ke lokasi, cukup dengan biaya Rp 50.000 bisa sampai di puncak Gunung Padang. Mungkin kalau ditawar bisa jadi Rp 20.000 atau malah Rp 10.000. Menurutku sih gak perlu yaaa karena gak begitu jauh, masih lebih jauh track kancil (3 km) di Safari Trek sana. Jadi bila Anda masih berusia di bawahku (forty six ke bawah) masih bisalah berjalan mendaki Gunung Padang. Daku aja bisa kok xixi padahal 2 hari sebelumnya daku habis jaga stand di Interfood lho… kebayang khan capeknya berdiri terus dari jam 10 pagi hingga 7 malam.

gn padang entrance0

Ini adalah entrance ke situs Gunung Padang, untuk naik ikuti jalur sebelah kiri, sementara untuk turun nantinya kita akan melewati jalur kanan

Setelah melewati ratusan anak tangga (gak hitung berapa ratusnya xixi) akhirnya sampailah kita di lokasi situs Gunung Padang. Anak tangga yang kita lewati untuk naik lebih curam dibanding jalan turunnya jadi harus lebih berhati-hati, tapi jangan kuatir karena sudah ada besi-besi pegangan tangan di kiri-kanan tangga, jadi menanjaklah di pinggir sambil berpegangan di rel-rel tersebut, niscaya terbantu sangat alias aman 🙂

gn padang 8

Ini lho tangganya untuk naik, gak beraturan gitu khan, dan lebih tinggi serta curam gitu…

gn padang 4

Setelah puas mendengarkan penuturan kuncen/penjaga situs Gunung Padang yang katanya masyarakat sekitar meyakini kalau situs tsb adalah tempatnya Prabu Siliwangi mendirikan istananya dalam waktu singkat, juga kalau situs tsb dulunya adalah tempat pemujaan, terlihat dari bentuk gerbang (dua batu menhir seperti pintu) dan ruangan seperti segi empat gitu…

Puas berfoto-foto dan juga karena sudah sore, kami pun menuruni tangga yang dibuat lebih nyaman dibanding naiknya. Ga kebayang kalau tangga turun pun dibuat seperti tangga naik, bakalan capek pake banget deh turunnya hehe

gn padang 7

Pemandangan dari atas, jangan kuatir bila kelaparan, karena ada warung-warung makan yang menyediakan masakan khas Jawa Barat di parkiran, kelihatan khan?

Akhirnyaaaa… pulang deh kita, jalan pulang lebih macet karena ada pengerjaan jalan plus hujan pula. Saat berhenti di masjid untuk rencananya selain pada shalat juga makan malam tapi karena hujan dan juga ada sedikit kecelakaan di mana mas Agus sempat tergelincir saat melewati kolam air di depan masjid, jatuhnya itu telak banget alias kecebur bur bur sehingga baju dan celana mas Agus basahhhh… Jatuh gitu sebetulnya sedih khan ya, udah gede masih jatuh, tapi udah biasa sih kalau malah jadi bahan tertawaan teman-teman dan mas Agus yang memang dasarnya kocak juga “pasrah” dibully sama mas Rozak hahaha alhasil perjalanan pulang lebih lama karena kita cari2/ mlipir dulu ke pusat pertokoan untuk membeli baju dan celana ganti buat mas Agus. Kalau gak gitu kesian nti kedinginan sangat hahaha

Advertisements

One response »

  1. Pingback: Situs Gunung Padang, Cianjur | Jalan-jalan | kaliskukis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s