Danish Peppernut Cookies or Pebernodder

Standard

Aku tertarik cobain bikin Pebernodder atau dikenal juga Danish Peppernut Cookies ini setelah melihat kukis ini di blognya Dewi Nielsen trus kutanya resepnya, eh dikasih lho xixi baik hati ya Dewi Nielsen, padahal baru kenal lho… Makasih banyak ya Dewi 🙂

Menurut wong Danish, Pebernodder ini salah satu kue kering khas yang biasanya ada saat Christmas saja. Pemakaian bumbu cengkeh dan kayumanis yang asalnya dari Indonesia sepertinya kue ini diilhami oleh penemuan rempah-rempah dari Indonesia saat awal bangsa Eropa a.k.a. Belanda menjajah Indonesia.

Oh iya karena aku ga siap bumbu2 seperti kapulaga, cengkeh, juga jahe jadi aku pakai bumbu lapis legit, trus jahenya pakai jahe instant, sesat banget yak hahaha harus kubikin lagi versi yang benernya sihh, itu pun nyoba dengan less sugar, sebenarnya malah aku lagi nyobain bikin kukis dengan gula Stevia. Menurutku rasanya agak aneh, manisnya itu ga bersahabat di lidah hahaha atau mungkin tidak terbiasa saja kali yaa… yang jelas, aku ga doyan karena gulanya pastinya trus jahenya juga membuat rasanya menjadi aneh wkwkwk maafkeun ya Pebernodder,,, next time I promise kudu bikin lagi….

Jadi si Pebernodder ini karena less sugar jadilah adonannya rapuh banget, next harus aku tambahkan putih telurnya supaya agak kokoh. Untung aku bikinnya dikit, 1/4 resep saja karena aku tahu hasilnya bakal amburadul, padahal rasanya cukup unik juga ada pedas-pedasnya si lada.

Penampakannya kenapa jadi kayak Bakso yak hahaha

Pebernodder | Danish Peppernut Cookies

source: Dewi Nielsen

Bahan :

  • Mentega 250 gram
  • Gula 180 gram
  • Telur 1 butir
  • Sirup 1 sdt (aku ga pake)
  • Baking soda 2 sdt (aku ga pake)
  • Jahe bubuk 1 sdt
  • Kayumanis bubuk 1 sdt
  • ½ sdt cengkeh
  • ½ sdt lada
  • ½ sdt kapulaga

Cara membuat :

  1. Kocok mentega dan gula hingga tercampur rata, masukkan telur, kocok lagi sebentar.
  2. Masukkan tepung dan bumbu2 lainnya, aduk rata hingga tidak lengket di tangan.
  3. Bagi 2 atau 4 adonan, gulung panjang, lalu potong2 seperti memotong adonan biji ketapang.
  4. Taruh adonan yang telah dipotong2 ke Loyang kue kering.
  5. Panggang selama 10-15 menit di suhu 175 derajat, atau hingga matang.
Advertisements

Jual Mixer Bosch Universal MUM 6N11 di Bogor

Standard

Jual Mixer Bosch Universal MUM 6N11 di Bogor | Bila Sahabat tinggal di wilayah Bogor, Sentul ataupun wilayah Bogor lainnya, dan berniat membeli mixer Bosch, Kalis Kukis juga bisa lho mengirimkan ke sana. Minta didemokan juga bisa, atau minta diajarkan cara pemakaiannya juga welcome 🙂

Saya bertemu dengan mbak Endang di sebuah tempat kursus, lupa waktu itu ambil kursus apa. Waktu itu sih mbak Endang sudah bertanya-tanya tentang mixer Bosch dan baru benar-benar membelinya beberapa bulan lalu (maaf ini late post ya hehe) Rupanya selama ini mbak Endang masih menyimpan nomorku dan akhirnya membeli si Mixer Bosch dengan COD-an (Cash on Delivery) di rumahnya di Bogor Golf Estate.

Kebetulan saat itu daku hendak delivery oven Galaxy ke daerah Bogor juga jadi sekalian mengantar si mixer Bosch. Berbekal google maps, walaupun jalan yang kulewati kecil dan agak sepi, daku pun akhirnya sampai juga ke Bogor Golf Esate. Ternyata daku lewat jalan belakang, pantes aja jalannya kecil dan berkelok-kelok hehe Saat sampai di rumahnya, saya juga melihat si mixer Artisan hijau telah bertengger di meja dapur mbak Endang, ternyata beliau merasa kurang sreg menggunakannya untuk mengaduk adonan roti. Jadi bila Sahabat berniat meminang si mixer Bosch cantik juga, silakan hubungi saya ya karena saya pun menjual mixer Bosch di Bogor juga xixi bahkan bisa COD khan…

Bagea Kenari Khas Manado

Standard

Sebagai orang Manado n Ambon, aku sih familiar dengan kue kering satu ini, Bagea Kenari. Ya sejak kecil sering banget mendapati Bagea ini sebagai oleh-oleh bila ada saudara yang datang ke Jakarta, baik dari Ambon maupun dari Manado. Bedanya Bagea Ambon dan Manado yang kutahu sih: kalau yang dari Ambon itu ada beberapa macam, yang panjang2 warna coklat tua atau sering disebut Bagea Serut, ada yang bulat warna coklat muda/cream dinamakan Bagea saja, itu kerasnyaaa tapi masih lebih keras lagi si Sagu Lempeng sih hahaha

Sementara Bagea ala Manado dibungkus daun gitu, aku sih suka semuanya tapi untuk tekstur aku lebih suka Bagea Manado, bentuknya tapi ga bulat2, melainkan kecil panjang gitu…

Nah resep ini cukup mewakili rasa si Bagea, teksturnya hanya keras di luar namun tetap eatable di bagian dalamnya. Layak dicoba deh buat yang belum pernah mencobanya. Moga2 suka yaa

Bagea Kenari Gula Merah

Bahan :

  • 1 butir telur
  • 50 ml (41 gram) susu cair
  • 300 gram tepung sagu (aku pakai tepung tapioka Alini karena adanya hanya itu), sangrai (setelah disangrai berat tepung kira2 menjadi 275 gram)
  • 25 gram tepung terigu protein rendah
  • 100 gram gula merah (aku menggunakan gula kelapa)
  • 50 gram gula halus
  • 1/2 sdt vanila bubuk
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1 sdt bubuk kayumanis
  • 50 gram butter (aku tambahkan minyak 12 gram)
  • biji wijen untuk taburan

Cara membuat :

  1. Panaskan oven 150 derajat Celcius.
  2. Campur telur, gula merah dan susu, aduk rata menggunakan whisk.
  3. Masukkan butter (kalau aku: aku cairkan butternya) ke campuran telur, gula merah dan susu cair. Kemudian masukkan ke campuran bahan kering, aduk2 hingga menyatu lalu uleni dengan tangan sebentar hingga adonan bisa dibentuk.
  4. Diamkan sekitar 10 menit.
  5. Bentuk sesuai selera
  6. Taburi dengan wijen
  7. Panggang kurang lebih 30-45 menit

Granola, “Makanan Burung” Yang Sehat Sebagai Camilan

Standard

Ada yang pernah dengar “Granola”? Atau malah doyan seperti saya? Baru-baru ini saja sih saya mengenal Granola lebih jauh, sebelumnya ya tahu aja apa itu Granola tapi ga tertarik buat mencoba bikin, gegara nongkrongin youtube eh ada yang bikin Granola, kok kayaknya membuatnya tidak susah, langsung masuk list to bake, dan beberapa harinya ke Club Sehat dan langsung eksekusi.

granola with watermark

Jadi sebenarnya Granola itu bukan camilan, melainkan buat sarapan pengganti oatmeal, dan dimakannya bersama dengan yoghurt. Apalagi bila yoghurtnya Greek Yoghurt, wow semakin yummy deh, udah sehat enak pula, siapa yang gak doyan? xixi tapi buat saya selain buat sarapan Granola itu ya camilan.

Jpeg

Di kala pagi hari ga sarapan buah, atau di kala cari camilan ga ada, ya sudah saya makan saja si Granola itu. Atau saat bermacet ria, daripada stress mantengin macet lebih baik ngemil si Granola deh… Daripada saya nyamil gorengan khan? hehe

Tapi sayangnya hanya teman-teman yang benar-benar menjalani hidup sehat yang tahu apa itu Granola, sementara lainnya bertanya, “apa itu?” jadilah daku menjelaskan kalau Granola itu adalah makanan atau camilan sehat (buatku  yoo hehe) dikonsumsinya bisa dengan oatmeal atau yoghurt sebagai sarapan. Isinya kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, biji2an seperti biji bunga matahari, biji labu, wijen dan buah-buahan kering seperti kismis, cranberry, apricot, kurma dll dan diberi pemanis dari madu dan golden brown sugar atau gula aren, gula kelapa juga boleh, juga olive oil atau kalau saya akhirnya menggunakan canola oil. Dan mereka bilang, “waduh biji2an kacang2an, jadi kayak makanan burung donk?” dengan gaya agak-agak ogah gitu,,, saya mah cuek ajalah, mau dibilang makanan burung kek, makanan ayam kek, yang penting itu makanan edible plus sehat boo dan aku sukaaa hahaha Setuju khan kalau oatmeal, almond, pumpkin seed, sun flower seed, dll isinya granola itu menyehatkan? Kapan-kapan deh aku posting apa aja manfaatnya si pumpkin seed, almond atau sun flower seed. Atau bisa browsing kali ya wkwkwk

granola bar

Seorang sahabat yang saya kasih sample Granola 1 botol dan saya bilang, “ini lho gampang bikinnya, cobain ya”, eh ternyata anaknya doyan muesli, ya mirip Granola gitu, dia sendiri kurang suka. Beberapa hari kemudian dia WA dan bilang, “Femmy, tanggung jawab lho, ternyata aku doyaaan bangett si Granola… hayo kapan ada waktu ajarin bikinnya yaa trus pakai bahan-bahan yang Femmy punya yaa” nah khan xixixi jadilah nanti kita atur waktu dulu ya mbak 🙂 Senang deh ada yang sependapat denganku: menyukai si Granola 🙂

Nah bila masih bilang kalau Granola itu makanan burung dan rasanya ga enak, gpp juga, kalau trus suka dan bilang bikinnya ribet, ya udah pesan aja ke aku yaa, WA aja di 0878-8106-0909 (Femmy), pasti akan kubuatkan dengan senang hati 🙂

Harga Mixer Bosch MUM 6N11 | Beli Mixer Bosch di Jakarta dan Kirim ke New South Wales

Standard

Harga Mxer Bosch MUM 6N11 saat ini masih harga lama, di mana sebentar lagi akan naik. Mixer Bosch MUM 6N11 adalah mixer roti dengan kapasitas 1 kg bahan kering (tepung dll) untuk kebutuhan rumah tangga atau keluarga. Namun banyak juga yang memakainya untuk keperluan home industry atau usaha rumahan kecil-kecilan. Harga Mixer ini masih dipatok di harga Rp 5.820.000 dan mendapatkan kelengkapan seperti : mixer dan bowlnya, spatula, buku resep, buku manual serta bonus SICO Wok (wajan stainless steel) berdiameter 30 cm dan juga blender.

harga mixer bosch di aussie

Selama ini sih yang mencari si Mixer Roti Bosch ini tentu saja orang Indonesia dan tentu saja bisa dikirim ke kota manapun seperti  Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogya, Surabaya, dll. Harga Mixer Bosch MUM 6N11 termasuk murah lho dengan kemampuan mixer yang sangat piawai, terutama untuk membuat roti. Nah kali ini ada seorang ibu yang tinggal di New South Wales ingin membeli si mixer Bosch dan meminta untuk dikirimkan ke rumahnya di Aussie sana. Tentu saja si ibu orang Indonesia yang telah mengetahui keunggulan si Bosch melalui teman-temannya.

Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya jadi juga si mixer Bosch yang dengan harga terjangkau itu dikirimkan ke Australia. Tepatnya via Pos Indonesia dan memakan waktu kurang dari 2 bulan, tiba dalam keadaan sehat selamat sentosa xixixi Wah senang banget deh, terima kasih ya bu Yani, semoga bermanfaat dan awet mixernya yaa..

Buat yang juga ingin membeli si Mixer Bosch, silakan WA 0878-8106-0909 yaa…

3 Toko Favorit Yang Wajib Dikunjungi Saat ke Pasar Mester, Jatinegara

Standard

Ada yang belum pernah ke Pasar Mester, Pasar Regional Daerah di Jatinegara, Jakarta Timur? Kalau belum, sekali-sekali deh berkunjung ke sana. Buat yang suka baking biasanya sudah pernah mendengar tentang Pasar Mester ini, ya karena di sana banyak yang menjual bahan-bahan kue untuk baking kue2 dan juga karena ada 1 toko yang menjual bahan2 kue lebih murah dari tempat lainnya. Yup toko Berkat namanya.

Kalau saya ke Pasar Mester, paling tidak ada 3 toko yang saya kunjungi, untuk belanja tentunya.

Pertama, ya toko Berkat. Postingan tentang toko Berkat pernah saya post di sini

Dan hasilnya banyak yang WA saya menanyakan harga bahan2 kue… weleh welehh padahal sudah saya share nomor telepon toko Berkatnya lho hehehe

Kedua, toko Laba-laba. Toko Laba-laba adalah toko yang menjual aneka plastic, toples, packing kue bahan mika, box, dll. Terutama nie kalau saat bulan puasa, saya kalau ke Laba-laba pasti belinya toples Hardtop 450 gram yang tebal itu, terakhir per toples harganya 44rb.

Di toko Laba-laba ini menurut saya sih cukup lengkap ya, aneka box mika untuk brownies, cake, coklat ada, cetakan coklat praline yang bahan mika juga ada. Box kue aneka ukuran juga ada, plastik2, kertas roti, tissue, dll.

Toko ke-3 yang biasanya saya kunjungi juga untuk belanja-belanji adalah Toko Sukahati, toko aneka snack kering yang posisinya tepat di depan toko Laba-laba. Takjub deh melihat aneka snack kering yang dijual di toko Sukahati. Snack2 tersebut adalah hasil produk UKM yang kebanyakan berasal dari Jawa Barat. Kalau sudah ke pasar Mester dan belum beli snack di Sukahati rasanya kurang lengkap, apalagi buat saya yang penggemar snack xixixi

Ada sumpia, cheese stick, kue bawang, aneka wafer, dll. Favoritku sih sumpia udang, yang enak gitu harganya 20rb per setengah kilo. Boleh dicicipi lho dan pegawainya banyakkk, tinggal bilang mau cobain yang mana, mau yang mana trus bungkuss bayarrr… lupakan sejenak si diet kalau sudah di toko ini hehehe

So, itulah 3 toko favorit saya kalau ke Pasar Mester. Bagaimana dengan kamu?

toko sukahati 1

yang sering ke Sukahati, pasti familiar dengan koko ini khan? xixixi

TBK Titan Toko Bahan Kue di Kelapa Gading dan Fatmawati, Jakarta Selatan

Standard

Salah satu TBK (Toko Bahan Kue) yang sering aku kunjungi selain Toko Ani di Gunung Sahari atau Bluebell di Kelapa Gading, adalah TBK Titan di MOI, Kelapa Gading.

TBK Titan termasuk lengkap lho, pusatnya adalah yang di Jl. Fatmawati, Jakarta Selatan. Aku baru beberapa kali ke sana, terakhir saat mau demo di Ciputat dan ada bahan kue yang tertinggal, daripada ke Kelapa Gading kuputuskan untuk ke Titan Fatmawati karena 1 arah juga dan pengen cobain lewat fly over Blok M – Cipete yang kabarnya lancar jaya jadi cepat kalau mau ke JORR / Simatupang. Dan memang beneran enak lewat situ, sama seperti fly over (bukan tol) Karet – Dr. Satrio (arah Tebet). Cepattt boo hehe

Ini aku posting gambar-gambarnya yaaa… Sebelumnya aku ke Titan saat janjian dengan Erna Komara untuk jenguk pak Sahak. Erna sih yang ngajakin hahaha dan dia gak check recheck apakah pak Sahak masih di RS atau belum, alhasil ternyata pak Sahak sudah pulang wkwkwk jadilah kita main ke Titan. Saat itu pas suasana Imlek kalo gak salah dan Titan membagi-bagi jeruk yang kuning besar itu buat pelanggannya. Ambil 2 juga boleh lho, waktu itu aku ambil 2, mayan buat orang rumah hahaha #maruk

  

 

Menjajal River Tubing di Santirah River Tubing, Pangandaran

Standard

Bulan April lalu, tepatnya tanggal 14-15 ceritanya daku ikutan jalan2 ke Pangandaran untuk menjajal River Tubing. Awalnya kupikir rafting jadi sebenarnya malas ikut sport activity yang sudah pernah aku ikuti. Ya dulu saat ramai2nya rafting aku pernah ikut tuh rafting di Sungai Citarik, Sukabumi bersama teman2 di Kedutaan Amerika.

Jadi aku malas ikutan rafting lagi, eh ternyata info berikutnya bukan rafting arung jeram, melainkan River Tubing.  Seperti apa river tubing aku ga tahu, cuma lihat gambarnya doank sepertinya menarik jadi deh ikutan hahaha

Kebayang sih berangkat malam dan pulang malam besoknya jadi praktis kita tidur di mobil, sewa mobil Elf gitu karena ternyata peminatnya banyak boo xixi

Oh iya aku baru beberapa bulan join group Bakuler’s Petualang yang isinya emak-emak bakul kue, yang hebat-hebat bakingnya, terima pesanan macam2 dan juga banyak, dan yang serunya mereka suka bertualang, suka banget yang namanya jalan-jalan seperti backpackeran begitu. Ini kali kedua aku ikutan acara mereka yang murmer alias murah meriah. Pertama kali saat nanjak ke Bukit Mustika Manik di deretan Gunung Halimun, Bogor. Nti ya ceritanya aku tulis hehe

Ini pun rasanya aku ga sanggup berlama-lama depan computer euy, jam 10.43 mataku udah kreyep kreyep alias ngantuk hikss boleh ya aku sambung lain kali

 

Callis Sweet 18th Birthday

Standard

Postingan ini very late post yak xixi Sudah 4 bulan lalu, sayang dibuang aja sih fotonya wkwkwk

Jadi Callista anakku pas berumur 18 tahun Februari 11 yang lalu. Mudah sih menghitung umurnya Callis karena dia lahir di tahun 2000, tahun naga emas yang kata wong Chinese adalah tahun keberuntungan buat yang lahir di tahun naga emas tersebut.

Aku bukan orang Chinese tapi kurasakan banyak keberuntungan serta berkat yang Tuhan berikan melalui Callis, walau kondisi kami berbeda dari orang kebanyakan, tetap kurasakan betapa penyertaan Tuhan buat kami. Terima kasih Tuhan untuk semua berkat2Mu 🙂

Callista bersama teman-teman gerejanya, salah satunya adalah Kevin, teman sekolah di SMP dan SMA-nya

Setiap ulang tahun sekarang ini gak pernah dirayakan sih, cukup membuat kue ulang tahun, naskun juga Callis gak mau. Seringnya emaknya pengen buatin kue untuk dia bawa ke teman2 sekolahnya tapi tetap aja dia gak mau. Kok sama yak kayak emaknya wkwkwk beruntung tahun ini dia masih mau kubuatkan kue, itu juga gak mau rame2 teman2 gerejanya pada tahu, hanya beberapa teman saja. Itu juga emaknya yang ngotot mo bikinin kue wkwkwk

Juga gak ada hadiah2 ulang tahun, biasanya kalau Callis mau sesuatu yang lebih besar/mahal, dia akan minta dan emaknya review apakah perlu atau tidaknya. Sudah lama Callis minta hp baru karena hp lamanya hilang, saat ini dia memakai hp-ku juga nomor Simpati yang biasa kupakai untuk jualan. Jadi bila ada yang WA ke nomor Simpatiku tersebut maka sebenarnya Callis yang menjawab, dia juga selalu men-screenshoot setiap chat yang masuk dan dia forward ke aku. Hitung2 buat pembelajaran dia sih, kadang2 aku suruh jawab…

hampir habis juga kuenya xixi

Back to hp yang dia inginkan, Callis itu kekeuh pengennya 1 merk yang dia sukai, yaitu Sony padahal hp Sony sudah kurang penggunanya ya xixi mintanya yang type terbagus pula dan sejak lama pula emaknya geleng2 kepala, “no”… selain ga ada budget segitu, pengennya sih Callis kerja sesuatu untuk mendapatkannya. Waktu itu dia nge-grab, tapi trus kecapekan trus stop deh. Sekarang dia mau ngegrab lagi, emaknya yang agak gimana gitu dengan kondisi saat ini yang mengkuatirkan. Cerita soal grab kapan2 aku tulis deh, ada cerita tersendiri yang buatku menjadi “blessing in disguise”.

Tapi saat ini kayaknya daku harus membelikannya hp deh 🙂 Puji Tuhan akhirnya Callis mau kuliah juga, dari tahun lalu dia kekeuh “gak mau kuliah”. Mungkin setelah diskusi dengan koko koko di gerejanya (aku selalu lupa nama teman2nya Callis hiks #faktoru) atau mungkin setelah kukirimi “surat cinta” membuatnya berubah pikiran dan akhirnya mau kuliah. Yak, aku mengiriminya “surat cinta” panjang lebar via email.

Hari Minggu lalu (24 Juni) dia ikut test masuk di sebuah kampus bisnis di Jakarta Utara. Hasilnya menggembirakan, secara selama hampir 3 tahun ini Callis gak pernah belajar dalam arti sebenarnya. Jadi kampus tersebut menyediakan beasiswa 25% dan yang terbesar 50% untuk uang pangkalnya, tergantung hasil test yang didapat  calon mahasiswa. Callis mendapat beasiswa 50%, dan nilai tertinggi test masuk di bulan Juni. Testnya sih hanya Math dan bahasa Inggris, tadinya kupikir Math ya Math seperti yang kutahu saat sekolah dulu. Aku sampai cari2 private Math teacher buat SMA karena Callis bilang dah lupa semua pelajaran Math. Ternyata yang di test itu bukan benar2 Math melainkan logika gitu, apa ya istilahnya TPD (Test Potensi Dasar)? gubraks yaak

Bersyukur banget bisa saving 50% uang pangkal 🙂 am very proud of you, Call, this time do it right, okay? No matter happens, I will always support you and your success awaits you ahead.

Jual Oven Signora di Cikunir, Jatibening dan Toko Bahan Kue di Cikunir

Standard

Dah lama juga ya gak posting di sini hehe sejak tidurnya lebih cepat, aku jadi jarang bekerja di depan compie bila malam hari, nguantukkk hikss Ini aja sambil ngantuk2 tapi harus posting deh akyu wkwkwk Jadi aku mau posting cerita2 aku menjual Oven Duo, oven listrik produknya SIGNORA, deliverynya dan lain-lain, sebagai file aku aja hehe

Customer panci ISA-ku yang tinggal di daerah Cikunir, Jatibening tertarik untuk mencoba Oven Duo yang kujual. Mbak Nina yang belum ada 1 tahun membeli panci ISA, pengen banget mencoba oven Duo dan setelah harganya cocok, aku pun mengantarkannya sekaligus untuk menjelaskan cara pemakaiannya. Bisa banget lho…

Sampai di seputar Cikunir aku melihat ada sebuah Toko Bahan Kue, lupa euy namanya hanya pephotoan doank xixi nti aku tanya mbak Nina deh nama tbk tersebut. Untuk keperluan basic membuat kue sih adalah di toko tersebut. Terus tokonya satu area gitu dengan pasar jadi pastinya memudahkan bila hendak membeli beberapa barang yang juga ada di pasar, bisa sekalian jalan…

Oh iya Oven Duo yang kujual ini termasuk berukuran kecil ya tapi lumayanlah buat keluarga kecil, atau buat yang sudah bosan bikin kue banyak xixi Harganya pun lumayan Rp 2.280.000 untuk oven buatan Korea. Masuk loyang ukuran 30×34 cm. Panggang marmer cake diameter 24 cm atau 28 cm juga bisa. Roti juga bisa…

Oh iya bila mau tanya2 oven listrik, baik Signora atau Sico atau oven gas Golden Star dan Idaiichi, WA aku aja ya di 0878-8106-0909 (Femmy)